Buka Puasa PASUMA

28/08/2010 17:00

Makassar, Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar warga Jawa Barat yang berada di Makassar dan sekitarnya, maka Hari Sabtu tanggal 28 Agustus diadakan BUKA PUASA BERSAMA PASUMA.

Buka Puasa Bersama Pasuma ini bertempat di Teras Marina Cafe Jl. Nikel I No. 48 Makassar.

Acara yang dimulai pukul 17.00 WITA ini diawali dengan perkenalan masing-masing peserta.

Menurut kang Nana Taryana, mewakili panitia. Semula panitia pesan tempat untuk 50 orang.

"Saya agak deg-degan juga ketika pesan tempat untuk 50 orang. Khawatirnya banyak yang berhalangan datang. Tapi ternyata, peserta yang hadir diluar dugaan, mencapai 64 orang" ujarnya dengan sedikit lega.

Meskipun dengan agak sibuk, karena banyaknya peserta, namun acara berjalan lancar.

Menjelang magrib, acara dilanjutkan dengan santapan rohani oleh kang Agus Suyadi. Kang Agus berpesan semoga Bulan Puasa ini dijadikan momentum untuk lebih mempererat lagi tali silaturahmi antar warga Jawa Barat di Makassar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah.

Usai shalat Magrib, acara selanjutnya santap malam bersama. Meskipun menu yang ada sangat terbatas, namun tidak mengurangi rasa antusiasme peserta untuk mengikuti acara sampai selesai.

Peserta datang dari berbagai kalangan, mulai dari pengusaha seperti Kang Hedi yang sukses memiliki resto dan pabrik Seng. Adapula dari kalangan pegawai swasta, pegawai negeri maupun wiraswasta.

Rasa kebersamaan tercipta dalam acara Buka Puasa tersebut.

Seperti diungkapkan Kang Nirman yang jauh-jauh datang dari Bone, beliau merasa senang dapat berkumpul. Rasa capek selama perjalanan dapat terobati.

"Insya Allah kalau ada kesempatan lagi, saya pasti datang pada acara PASUMA selanjutnya" ujar kang Boy, sapaan akrabnya.

Usai bersantap malam, acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua PASUMA dan terpilih kang Didin Saprudin sebagai ketuanya.

Kang Didin berpesan semoga PASUMA ini dapat berkibar dan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat sebagai ajang silaturahmi.

Pada kesempatan itu, hadir juga Bapak Letkol Kav Sugeng Waskito Ari S.IP yang baru 2 bulan dilantik sebagai Komandan Batalyon Kaveleri (Danyonkav) 10/Serbu Makassar.

Selain itu hadir pula Bapak Letnan Kolonel Arm Dani Suripto,komando Danyon Armed 6-76/Tarik. Beliaupun baru 2 bulan di lantik.

Tak ketinggalan, hadir pula sesepuh KWJB yang kebetulan sedang mengadakan acara Buka Puasa Bersama dosen STIEM Bongaya di tempat yang sama.

Ibu Dra. Hj. Tunggaluh Hartini,MS merasa terharu dengan adanya kembali kumpul-kumpul warga Jawa Barat. Dulu zaman Bpk. Agum Gumelar, komunitas warga Jawa Barat di Makassar berkibar, bahkan sempat mengadakan pertemuan besar. Namun seiring waktu berjalan, kegiatan ini sudah mulai tiada.

" Mudah-mudahan kedepannya kegiatan ini bisa terus berkembang dan kembali seperti dulu" Ujar Ibu Tien, sapaan akrabnya.

Diakhir acara Kang Didin, selaku ketua menyatakan bahwa dalam jangka waktu dekat akan diadakan HALAL BIHAL dengan tempat dan suasana yang berbeda.

"Kemungkinan habis lebaran, kita akan mengadakan acara HALAL BIHAL di tempat yang lebih besar" Tegasnya.

Acara ditutup dengan berjabat tangan....

Sampai ketemu pada acara PAASUMA Selanjutnya. (NT)

Back